Bisnis Online atau Internet Marketing ?

Posted on October 26, 2011

0


Selama ini, saya selalu merasa rancu atas dua hal seperti yang saya tulis di judul blog post ini. Bisnis Online dan Internet Marketing. Apakah kedua hal tersebut berbeda ? Apa sih beda keduanya ? kenapa sampai muncul dua istilah itu ? Lalu, apa dampaknya kalau saya tidak tahu perbedaan keduanya ?

Hmm…saya jawab dari yang terakhir dulu ya…. dampaknya sih gak akan bikin anda bangkrut, hehe…

Oke, tulisan dibawah ini adalah 100% kamus yang saya buat sendiri, berdasarkan kontemplasi pribadi. Jadi kalau salah mohon dikoreksi.

Dalam pandangan saya, perbedaan antara Bisnis Online dengan Internet Marketing ada 3.

1. Secara definisi, Bisnis Online adalah Bisnis yang dijalankan secara Online di Internet. sementara Internet Marketing adalah kegiatan marketing yang dijalankan di internet. Bisnis Online lebih mendefinisikan tentang jenis bisnis, sementara Internet Marketing lebih mendefinisikan tentang kegiatan bisnisnya.

2. Secara Orientasi. Bisnis online sama persis seperti bisnis offline. keduanya sama-sama fokus pada BISNIS, bukan pada medium yang dipakai. buka lapak di pasar atau di tokobagus.com sama saja, tetap harus berpikir layaknya sebuah bisnis. Internet Marketing fokus pada AKTIVITAS PEMASARAN. Terkadang tak ambil pusing dengan stok barang, ketentuan retur, dll…yang penting laku jualannya.

3. Secara Proses. Bisnis Online layaknya sebuah bisnis, membutuhkan banyak komponen dalam proses membangun kesempurnaan menuju omset atau income. Perlu ada SDM, perlu ada Stok, perlu toko/lapak/web yang profesional, informatif, dan user friendly. Sementara Internet Marketing sering tidak dipusingkan dengan semua itu. Bekerja sendiri dari rumah di depan laptop selama lebih dari 5 jam sehari saja bisa kok. Tanpa perlu punya website pun bisa. Karena proses yang diperlukan adalah proses memasarkan produk.

Meski berbeda, menurut saya Internet Marketing adalah bagian penting dari bisnis online. Keduanya tetaplah memiliki tujuan yang sama : mendapatkan income dari internet.

Saya sengaja membedakan keduanya karena khawatir banyak orang tidak sadar bahwa dirinya sedang membangun bisnis, namun hanya fokus di marketing saja. Berlaku juga sebaliknya, jika memang menekuni dunia internet marketing, perlu juga memahami tentang bisnis secara utuh agar tidak sekedar bisa menjual.

(YunusBani.Com)

Sekarang, coba kita refleksi diri, apa yang sudah kita lakukan selama ini ? menjalankan bisnis online ? atau baru sebatas internet marketing ?

Posted in: tips