15 Oktober 2011, FGD optimalisasi performa website

Posted on October 7, 2011

0


Assalamu’alaikum TDA Tangray

Sudah masuk bulan Oktober aja nih… bentar lagi dah mo pindah tahun, gimana kabar Bisnis onlinenya? Semoga semakin hebat…

Setelah di pertemuan bulan September lalu kita sharing mengenai mendatangkan pengunjung yang tepat bagi website kita dengan membangun/meningkatkan brand awareness Bisnis online kita (yang kemarin berhalangan hadir, sebagian materi yang saya sampaikan bisa dibaca di http://bagbigbug.com/2011/09/23/menjaring-potential-lead-bagi-bisnis-online/). Di pertemuan berikutnya nanti di bulan oktober ini akan coba kita kupas bagaimana mengoptimalkan lagi performa website kita dengan melakukan analisa data statistic traffic yang ada.

Seperti yang pernah disampaikan di pertemuan pertemuan sebelumnya, salah satu hal penting yang harus dilakukan pemilik Bisnis online terhadap websitenya adalah melakukan analisa performa website. Banyak yang malas melakukan hal ini, padahal ini adalah hal crucial bagi perkembangan Bisnis online kita. Dengan melakukan analisa footprint website kita, kita jadi bisa tahu kedepannya strategi apa yang harus kita lakukan untuk meng-kick out pesaing kita dan menjadi pemenang…

Seorang CEO perusahaan mampu mengambil keputusan penting bagi masa depan perusahaannya dengan melihat laporan kinerja perusahaannya bulan sebelumnya dari anak buahnya. Sama halnya dengan Bisnis online, bedanya  anak buah kita yang memberikan laporan adalah data statistic yang diberikan oleh tool web statistic (seperti AWStat, Statpress, Google Analytics, dll). Dengan melihat menganlisa informasi yang disajikan oleh tool web statistic yang ada, kita bisa menyusun strategi yang tangguh serta mengambil keputusan strategis untuk perkembangan Bisnis kita kedepannya. Beberapa data yang bisa kita manfaatkan antara lain jumlah visitor, asal datangnya visitor, berapa lama visitor berada di website kita, browser yang digunakan oleh visitor kita dan masih banyak lagi. Misal dengan mengetahui seberapa visitor datang paling banyak dari Negara mana, kita jadi tahu website kita perlu tampil dalam versi bahasa apa saja. Dengan mengetahui seberapa lama visitor berada di website, kita jadi mengetahui sudah cukup informatifkah website kita atau justru malah membingungkan pengunjung. Masih banyak lagi keputusan penting lainnya yang bisa kita putuskan dengan menganalisa data yang ada, seperti produk apa yang paling disukai pengunjung, dll.

Tools webstatistic sendiri ada banyak sekali jenis/macamnya. Di Internet bertebaran berbagai vendor developer yang menyediakan webstatistic, dari yang gratis hingga berbayar. Masing masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Kita juga harus tahu tools mana yang sekiranya cocok dengan kita, jangan sampai karena over feature kita malah jadi bingung sendiri dengan data yang disajikan

Ingin mengetahui lebih jelas dan detil lagi mengenai bagaimana membaca data yang ada supaya bisa membantu kita mengambil keputusan untuk lebih mengoptimalkan lagi performa website kita, strategi seperti apa yang harus kita ambil jika data yang disajikan menunjukkan grafik naik, dll.

Datang saja gabung di acara Nongkrong Bareng FGD Online Business pada:

Hari, tanggal : Sabtu, 15 Oktober 2011

Lokasi : Rumah makan Godong Ijo. Bintaro Sektor 9 – Belakang Salon Anita

( lokasi yang sama seperti yang digunakan acara HBH TDA Tangerang kemarin)

Waktu : 09.30 WIB – selesai

Tema : Optimalisasi performa website dengan analisa statistik web

 

Bagi yang ingin mereview langsung statistic websitenya tapi belum tahu bagaimana caranya, harap sudah memegang account admin yang bisa melihat statistic websitenya masing-masing.

Bagi yang websitenya dibuatkan, bisa minta ke pembuatnya. Kalau gak dikasih, pecat saja pembuatnya hehehe… kan websitenya kita, masa ga dikasih.

Username dan password yang perlu diminta:

–          Username dan password admin website

–          Username dan password hosting

Atau jika bingung, tanya ke si pembuatnya kalau ingin melihat statistic AWStat website bagaimana caranya dan apa username dan passwordnya

CATATAN TAMBAHAN:

Seperti yang sudah disepakati pada pertemuan bulan September kemarin, terkait dengan gerakan tukar link website antar anggota FGD OB supaya bisa saling mempromosikan website temannya di komunitas TDA Tangerang ini (sebagai wujud nyata kekompakan dan saling dukung sesama anggota komunitas TDA Tangerang). Sesi kedua yang biasanya adalah sesi sharing, di pertemuan tanggal 15 Oktober ini nanti akan digunakan untuk praktek langsung pemasangan tukar link di website masing2 anggota. Untuk itu bagi yang ingin bergabung dengan gerakan ini, tetapi belum tahu bagaimana caranya harap mempunyai/sudah mendapatkan:

–          Username dan password admin website

–          Username dan password hosting

Nanti kita coba bantu bersama, untuk pemasangan link ini

Salam Online

Ardhan
+ —————————————————————————– +
(*) Ratunya Grosir Pashmina : http://www.ameerashawl.com
(*) Personal Blog : http://www.bagbigbug.com
(*) Twitter : @arudano

 

Posted in: kegiatan